Kampung Bibika Cihanyir Cikancung Dapat Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

    Dejurnal.com-Bandung

    Bupati Kabupaten Bandung Dadang M Nasser menghadiri launcing olahan pangan Bibika di Kampung Cibiru Desa Cihanyir Kecamatan Cikancung, Kamis 27 Juli 2018.

    Kegiatan tersebut dihadiri ketua tim penggerak pkk kabupaten Bandung Nia Nasser, 2 anggota dprd dari dapil 4 H. Entis dan Cecep Suhendar, para kepala opd pemkab Bandung, wadanlanud Sulaeman, Para camat sedapil 4 dan 5, Kapolsek Cikancung, Dekan Fakultas teknologi Hasil Pangan Unpas Yusman Taufik, Danramil Cikancung, para kepala desa Se Kecamatan Cikancung, kepala Mui Cikancung, para pengurus ormas dan okp se dapil 4, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan masyarakat sekitar.

    Kepala dinas pangan dan perikanan Dadang Hermawan mengatakan bahwa bisnis jasaboga / kuliner merupakan bisnis yang sangat menjanjikan mengingat prospeknya semakin berkembang, selain itu potensi pasar yang cukup besar.

    “Kue bibika yang merupakan penganan khas kampung Cibiru Desa Cihanyir Kecamatan Cikancung, kue tersebut merupakan kue tradisional yang mempunyai cita rasa yang sangat enak dan lezat”, tinggal kita mengembangkan penganan tersebut dengan berbagai rasa dan warna serta pengemasan dan pemasarannya. Tambahnya.

    Sementara itu bupati Bandung menyambut baik dengan adanya launcing kampung bibika, menurutnya ini merupakan potensi yang besar untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, supaya penganan dari Cihanyir ini lebih dikenal sebaiknya kue bibika tersebut dikemas dengan kekinian dan lebih konteporer sehingga konsumen lebih menyukainya. Ujar Bupati Bandung.

    Lebih lanjut Dadang M Nasser menambahkan kampung bibika ini merupakan implementasi dari program 1000 kampung ungulan, “Diwilayah kabupaten Bandung telah bemunculan kampung kampung unggulan seperti kampung kopi, kampung boneka, kampung ikan, kampung beras, kampung ranginan dan lain sebagainya, ini merupakan penjabaran dari visi Kabupaten Bandung yang maju, mandiri, dan berdaya saing. Ungkapnya.

    Ditempat terpisah kades Cihanyir Ceceng Suparman mengungkapkan bahwa penganan bibika sudah ada sejak 1965. Selain kampung bibika, diwilayahnya ada beberapa kampung unggulan lainnnya seperti kampung borondong, kampung ladu ketan, kampung ranginang dan kampung wajit.***

    Taryana Budiman