Rudy Gunawan Kembali Pimpin Apel Setelah Jalani Cuti Kampanye Pilkada

    Dejurnal.com, GARUT – H Rudy Gunawan SH MH dan dr Helmi Budiman kembali aktif sebagai Bupati dan Wakil Bupati Garut setelah menjalani cuti kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Masa kampanye sudah berakhir tanggal 23 Juni 2018 bersamaan dengan masuknya masa tenang tiga hari jelang pemilihan.

    Sekretaris KPUD Kabupaten Garut, Ayi Dudi Supriadi menyatakan bahwa surat cuti yang disampikan KPU mulai tanggal 15 Februari sampai 23 Juni 2018. Secara otomatis, Rudy Gunawan bersama Helmi Budiman kembali menjalankan tugas negara sebagai bupati dan wakil bupati, karena masa cutinya sudah berakhir.

    Sementara itu Bupati Garut Rudy Gunawan usai memimpin Apel di lapangan Setda, Senin (25/06), pada hari pertamanya setelah cuti kampanye langsung melaksanakan agenda. Selain itu, dalam sambutannya Rudy kembali menegaskan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) menjelang Pilkada yang tinggal dua hari lagi.

    “Saya nyatakan siapapun PNS itu harus menjaga netralitas. Kalau di TPS silahkan mereka menusuk siapapun sesuai hati nurani, karena PNS mempunyai hak politik. Tetapi tidak dijadikan bagian yang bisa memecah belah terhadap PNS, sehingga PNS tidak boleh berkampanye,” tegas Bupati Garut kepada awak media.

    Sementara terkait kesiapan terakhir dalam rangka pelayanan perekaman e-KTP untuk masyarakat Garut yang akan melakukan pencoblosan Pilkada Serentak 2018 pada Rabu (27/06), Rudy mengatakan dirinya akan melakukan pemantauan langsung ke Dinas Dukcapil sejauh mana KTP yang pernah di rekam dan beberapa potensi yang belum di rekam, cetusnya.

    “Empat bulan yang lalu sebelum saya cuti, informasi ada 60 ribu warga yang belum terekam. Hari ini saya mau tinjau langsung ke Dinas Dukcapil untuk mengetahui secara pasti berapa banyak masyarakat Garut yang belum terekam jelang Pilkada lusa nanti,” tandas Rudy.

    Dalam kesempatan itu, usai Libur panjang Idul Fitri 1439 H dan selama empat bulan menjalani kampanye, seluruh PNS di lingkungan Pemda Garut sekaligus menggelar Halal Bihalal bersama Bupati dan Wakil Bupati Garut. Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi disetiap jajaran Instansi serta meningkatkan sinergi dalam membangun Kabupaten Garut menjelang Pilkada 2018.” (Udg).