Menteri PDT Dan Trasmigrasi Tinjau Padat Karya Produktif Di Desa Bumiwangi

    Dejurnal.com-Bandung,-

    Menteri perdesaaan daerah tertinggal dan transmigrasi Republik Indonesia Eko Putro Sanjoyo BSEE. MBA meninjau program padat karya produktif pembangunan akses jalan menuju kawasan Bukit Cula di Desa Bumiwangi Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung, Minggu, 3 Juni 2018.

    Pembangunan akses jalan menuju Kawasan Bukit Cula panjangnya 800 meter dengan lebar 3 meter, dilaksanakan melalui program padat karya produktif, dimana seluruh elemen masyarakat dilibatkan . Kegiatan tersebut dengan sumber anggaran dana desa tahap pertama 20%. Ujar Kepala Desa Bumiwangi Drs Rudiya Trisanjaya.

    Masih menurut Drs Rudiya Trisanjaya penataan kawasan Bukit Cula untuk pemulihan kawasan konservasi dari tanah berpasir menjadi hutan. Hal ini dilakukan untuk masyarakat bimiwangi masa kini dan masa yang akan datang.

    Lebih lanjut Drs Rudiya Trisanjaya mengungkapkan ” nantinya dikawasan bukit cula akan dijadikan destinasi wisata dan edukasi lingkungan dimana didalamnya akan dibuat Ikon Bumiwangi, kampung selfi serta embung ( tempat penampungan air)”. Tambahnya

    Sementara itu menteri perdesaan daerah tertinggal dan transmigrasi Eko Putro Sanjoyo BSEE, MBA menyambut baik dan mengafresiasiasi dengan program padat karya tunai pembangunan akses jalan menuju kawasan Bukit Cula di Desa Bumiwangi.

    Menurutnya kawasan Bukit Cula harus dijadikan destinasi wisata baik pengunjung lokal maupun dari luar negri, karena akses untuk mencapai hal tersebut telah tersedia yaitu sarana transportasi udara ( 4 bandar udara Dijawabarat) dan kereta api cepat Jakarta – Bandung.

    Lebih lanjut Eko Putro Sanjoyo menegaskan agar dalam pengelolaannya dilaksanakan oleh Bumdes, dan Bumdes sendiri harus kreatif dan inovatif dalam menciptakan produk unggulan dalam rangka meningkatkan pendapatan desa. Ujarnya.

    Dikhir kegiatan Eko Putro Sanjoyo BSEE. MBA melakukan pengontrolan kawasan Bukit Cula dengan memakai motor trail dan mengendarainya sendiri.

    Taryana Budiman