Kamis, 25 April 2024
BerandaPengusaha Kopi Taiwan Tertarik Kopi Indonesia

Pengusaha Kopi Taiwan Tertarik Kopi Indonesia


Dejurnal.com, GARUT – Hari Yuniardi pengusaha Kopi ‘Mahkota Coffee’ mungkin sedikit kewalahan dengan permintaan Kopi Garut yang akhir-akhir ini minta dikirim. Mr. Chachi – pengusaha perorangan dari Taiwan melihat langsung kopi yang akan di expor Mahkota Cofee, yang rencananya buat bulan juli mendatang sekitar 20 ton siap dieksport.

Rabu (18/04/2018), Hari Yudinardi didatangi para tamu dari negara Taiwan, yang dihadiri pula Ir.Nani Rohaeni.MP., Analis Kebijakan Setda Garut, Decky dari Bank BTPN, Syukur perwakilan dari Kemenaker, Rukmi dari Majalah CSR.id, Maharani Fara staf dari Setneg, Adrian dari Universitas Paramadhina, dan Peppy F dari PT.Medco.

Hari Yuniardi bersama istri , didampingi Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian kabupatebn Garut, Ir. Haeruman, MP., mengatakan, kopi yang diproduksi kini terus menerus banyak yang memesan, baik yang sudah masak maupun yang masih mentah.

“Seperti yang akan di export ke Negara Taiwan ini, terpaksa seluruh karyawan sibuk menjemur kopi supaya bisa terpenuhi buat diexport”, uajr Hari.

Ia menyatakan, sudah terjadi kesepakatan antara pihak Kelompok Tani Kasuga/ PD Mahkota Java Coffee dengan pihak buyer (Mr. Chachi), dimana eksport akan dimulai dengan jumlah 20 ton greenbean (biji kopi mentah) Kopi Arabica, dengan spesifikasi Commercial Coffee yang standard grade-nya akan dinaikan. “Ini demi kualitas dan kepuasan buyer”, imbuhnya.

Menurutnya, maksimal spesifikasi kadar air ‘commercial coffee’ adalah 15 % dan 15% lainnya maksimal defect (kecacatan greenbean), tapi demi kepuasan buyer, pihak Mahkota akan menaikan sedikit spesifikasi kadar airnya menjadi maksimal13% dan 10% defect.

Sementara itu, Mr. Chachi, selaku importir perorangan yang tiba Rabu siang membenarkan tujuannya ke Garut, tiada lain dalam rangka hubungan bilateral perdagangan kopi asal Garut untuk di kembangkan di negaranya. Menurutnya, kopi asal Garut sangat baik dan banyak diminati diseluruh dunia. Mr. Chachi berharap kualitas kopi ini dijaga, agar Kabupaten Garut semakin maju dan turut mendukung lancarnya Perdagangan Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) kedepanya.” (Udg/Og)**

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI