Ketua Baznas Garut Mengapresiasi Anggota DPRD Bayar Zakat

    Dejurnal.com, GARIT – Anggota DPRD dari Fraksi PDI-P Yuda Puja Turnawan menyampaikan ajakan Baznas tersebut, justru dipandangnya sebagai sesuatu yang sangat baik, karena di dalamnya pihak dewan telah diingatkan, sehingga secara pribadi senang dan menyambut baik jika penyerahan zakat ke Baznas itu di lakukan secara serentak,  hal ini bukan pencitraan politis dari Partai, melainkan lebih kepada menjalankan suatu kewajiban yang sudah di wajibkan oleh Allah SWT untuk mengeluarkan zakat.”ucap Yuda.

    Akan tetapi dirinya mengakui akan membayar zakat dipotong dari gajinya melalui Sekretariat Dewan (Sekwan). Bahkan Yuda pun sempat menyampaikan rasa malu belum dapat membayar zakat ke Baznas, semestinya kami anggota DPRD harus memberikan contoh kepada masyarakat,

    Tambah Yuda, bukan karena tidak mau bayar zakat. “Kami semua kerap disibukan dengan kegiatan DPRD. Kalau sudah di atur semuanya oleh Sekwan, saya kira potensi zakat akan bisa masuk ke Baznas,” jelas Yuda.

    “Makanya saya akan menyampaikan kepada Ketua Dewan Pak Ade Ginanjar, supaya meminta Sekretariat DPRD berkoordinasi dengan Ketua Baznas. Secara pribadi tidak ada masalah kalau harus membayar zakat, toh udah kewajiban sebagai umat muslim,” pungkas Yuda.

    Sementara itu Ketua Baznas Rd Aas Kosasih mengatakan upaya yang telah dilakukan oleh Baznas Kabupaten Garut, bagaimana respon dari kalangan di Dewan tentang ajakan untuk membayar zakat, di ungkapkan dan disambut baik oleh salah satu anggota Partai, namun sebelumnya kita flasback dulu pada kronologis awal, sehingga bagaimana hal ini bisa menjadi sesuatu yang menarik untuk diikuti.

    Untuk pembayaran zakat anggota DPRD semenjak kami dilantik sampai saat ini hanya ada satu anggota DPR yang mau membayar zakat penghasilan, yaitu Asep D Maman dari Fraksi PPP. Itupun hanya satu kali, selanjutnya tidak ada lagi.”ujar ketua Baznas .

    Lanjut dikatakan mungkin belum adanya yang membayarkan zakat penghasilannya kepada kami (Baznas), mereka belum sempat mungkin karena kesibukannya. Dan saya yakin para anggota DPR sadar hal itu, karena mereka juga muslim, pasti mereka akan membayar zakat kepada kami,” ucapnya.

    Tetapi, barusan ada kabar dari salah satu anggota DPRD dari Fraksi PDIP yaitu Yuda Puja Turnawan, dirinya secara pribadi akan membayar zakat, tentunya kami selaku Ketua Baznas sangat mengapresiasi, berterimakasih kepada beliau, sudah merespos apa yang kami sosialisasikan. Diharapan, mudah-mudahan ini menjadi pertanda baik seluruh anggota DPRD dapat membayar zakat kepada kami.”ucap Aas penuh harap.

    Udg