JPKP Pasirwangi : Kami Ada untuk Membantu dan Mendampingi Masyarakat Desa

    Dejurnal.com, Garut – Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) Kecamatan Pasirwangi terbentuk di tahun 2017, dan siap membantu masyarakat desa dalam hal pembangunan di segala bidang dan mendampingi pemerintah baik daerah ataupun desa dalam menerapkan anggaran demi pemerataan dalam pembangunan.

    “Kami tak akan merecoki pemerintahan desa, justru kami ingin membantu dan mendampingi para Kepala Desa dalam pembangunan sesuai misi dan visi JPKP,” tandas Ketua DPC JPKP Kecamatan Pasirwangi H. Cecep Rukiyat kepada dejurnal.com di sekretariatnya, Sabtu (14/04/2018).

    Saat ini, lanjut Cecep, tiga dari dua belas desa yang ada di Kecamatan Pasirwangi dalam menerapkan anggaran dana desa kami anggap sangat baik yaitu Desa Karya Mekar, Padamulya dan Padasuka.

    “Selain tepat sasaran, tiga desa ini sangat welcome dan mau terbuka memberikan informasi,” ujarnya.

    Sisanya, sambung Cecep, yaitu sembilan desa lagi belum mau membuka diri dan menerima JPKP Kec. Pasirwangi, padahal sekali lagi kami tandaskan bahwa JPKP hadir di tengah masyarakat untuk ikut mendampingi terlaksananya pembangunan secara tepat sasaran dan merata.

    “Jika para kepala desa memiliki niat untuk membangun demi pemerataan dalam kesejahteraan masyarakat, mari bergandengan dengan JPKP,” tegasnya.

    Selain mendampingi, sambung Cecep, kita pun tentu akan ikut mengawasi dalam penerapan anggaran pembangunan di desa khususnya desa yang ada di Kecamatan Pairwangi, apalagi jika coba-coba melenceng dalam penerapan anggaran dana desa.

    “Bukan hanya kinerja kepala desa, namun juga sekretaris dan bendahara serta perangkat desa lainnya pun akan kami awasi,” pungkasnya.***

    Bang Esha