Dinsos Garut Janjikan BPJS Gratis untuk Nenek Kayah

Dejurnal.com, Garut – Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Garut, Heri Gunawan menyatakan bahwa pihaknya siap membantu nenek Kayah yang empat tahun menderita herves.

“Dinas Sosial akan mengupayakan BPJS yang dibiayai oleh pemerintah agar bu Kayah bisa berobat secara gratis,” cetusnya kepada dejurnal.com di kantornya, Selasa (6/3/2018).

Lebih lanjut Heri mengatakan, seharusnya pihak pemerintah desa yang harus memiliki sense of crisis karena menyangkut warganya.

“Mereka harusnya cepat tanggap menangani hal ini, minimal segera membuatkan SKTM agar bisa cepat diproses menjadi BPJS,” ujarnya.

Heri menandaskan, jika persyaratannya lengkap pembuatan BPJS untuk nenek Kayah cuma sehari, selain itu pihaknya juga berkoordinasi dengan pihak lain seperti Dinas Kesehatan untuk melancarkan pengobatan dan juga ke Baznas untuk membantu akomodasi dan transportasi selama nenek Kayah berobat.

“Seharusnya hal-hal seperti ini bisa ditangani oleh Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK), dan tidak harus diekspos,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan nenek Kayah (70) menderita herves selama kurun empat tahun. Kondisi sosial Nenek Kayah yang miskin, tak mampu untuk mengobati penyakitnya.

Selama ini Nenek Kayah luput dari perhatian siapun termasuk pemerintah sampai salah satu Pemuda Pelopor Garut Ade Burhanudin menengok Nenek Kayah.***

Rachman Esha