Ada Apa Dengan O2SN Kabupaten Bandung

    Dejurnal.com-Bandung

    Pelaksanaan olympiade sains nasional ( O2SN ) tingkat Kabupaten Bandung, untuk jenjang sekolah dasar, yang dilaksanakan di SDN Ranckasumba Kecamatan Solokan Jeruk, Sabtu 24 Maret 2018. Menimbulkan pertanyaan dari awak media yang meliput kegiatan tersebut.

    Dalam pelaksanaan 02SN tersebut, setiap UPT SD mengirimkan 6 orang siswa / siswi kelas 5 dengan mata pelajaran matematika dan Ipa. Jadi totalnya 168 siswa dari 31 UPT SD Formal dan Nonformal se Kabupaten Bandung. Berdasarkan pantauan dari awak berbagai media, ternyata didapat bahwa para peserta 02SN tersebut kebanyakan berasal dari SDN yang mempunyai akreditas B.

    Menanggapi hal tersebut kepala bidang TK / SD, formal dan non formal Maman Sudrajat menyatakan hal tersebut tidak ada kaitannya dengan Akreditas B maupun A. Ini berkaitan dengan potensi siswa / kemampuan siswa itu sendiri. “Bisa aja walaupun SD tersebut terakreditasi B tapi kemampuan siswa / siswinya diatas rata rata yang lain, yang bersekolah di SDN yang terakreditasi A”. Ujarnya***

    Taryana Budiman