Sosialisasi Penawaran Penanganan Limbah B3 Ciamis

Dejurnal.com, Ciamis – Dalam melakukan penanganan terhadap limbah, penting untuk diketahui bahwa ada jenis-jenis limbah yang ternyata sangat mengancam lingkungan dan kesehatan manusia. Jenis limbah tersebut kerap disebut dengan istilah limbah B3.

Limbah B3 merupakan kepanjangan dari bahan beracun dan berbahaya.

Limbah B3 dapat diartikan sebagai suatu buangan atau limbah yang sifat dan konsentrasinya mengandung zat yang beracun dan berbahaya. Sehingga secara langsung maupun tidak langsung dapat merusak lingkungan, menggagu kesehatan, dan mengancam kelangsungan hidup manusia serta organisme lainnya.

Peduli akan hal tersebut, PT PNP (Putra Naya Perkasa) adakan sosialisasi penawaran transforter limbah B3 bersama paskes (pasilitas kesehatan) se kabupaten Ciamis bertempat di aula Dinas Kesehatan Ciamis, Selasa (4/2/2020).

“Sekitar 269 ton perhari sampah yang ada indonesia, sedangkat yang terangkut dan terkelola baru 168 ton limbah cair mau pun padat perharinya, jadi sisanya masih banyak yang belum terkelola dengan baik”, ungkap Riza Direktur Operational PT. PNP saat diwawancara.

Dia menjelaskan, bahwa peraturan tentang pengangkutan limbah harus ditanggulangi selama 2 x 24 jam, sedangkan fakta yang terjadi pengangkutan sampah sangat lamban, bisa satu minggu bahkan lebih baru diangkut.

“Kita bekerjasama dengan beberapa perusahaan pemusnah dibeberapa kota, jadi kita akan pilih perusahaan pemusnah terdekat. Nantinya kita akan buatkan formula dan scedule maping area, sehingga transforter kami akan sigap menangani limbah tersebut”, paparnya.

Riza mensosialisasikan akan ketepatgunaan program yang disosialisasikan lewat penawaran dirinya dangan mengedepankan pelayanan yang terpadu dan sesuai dengan perundang – undangan.***Jepri