Proyek Gapura Pantai Sedari Mangkrak, Tim Pokja Lelang Barjas Harus Selektip Putuskan Pemenang Tender

Dejurnal.com, Karawang – Tim lelang paket proyek APBD Karawang yang menyeleksi sejumlah perusahaan yang ikut tender proyek harus lebih teliti karena masih ada proyek yang dilelang tahun 2019 hingga saat ini belum selesai alias mangkrak akibat tidak mempunyai ahli.

“Sebagai contoh paket proyek Gapura Sedari yang menyerap dana APBD sekitar Rp 365 juta hingga saat ini belum kelar akibat tidak mempunyai tenaga ahli di bidangnya,” kata Ketua KMG Imron Rosadi SAg kepada Dejurnal.com, Rabu petang (12/2/2020).

Menurut Imron, sejumlah proyek yang mangkrak diduga akibat tim Pokja lelang kurang teliti dalam menentukan pemenang lelang faktanya ada seperti pembangunan Gapura Pantai Sedari hingga saat ini masih belum kelar akibat CV Herlin Jaya tidak punya ahli di bidang itu, harusnya ahir desember 2019 kelar namun hingga saat ini belum juga kelar bahkan diberikan tambahan 50 hari kerja oleh Disparbud.

Hal ini jelas CV Herlin tidak dapat memenuhi perjanjian kontrak sehingga perlu di black list, keterlamabatan pekerjaan tersebut umumnya terjadi akibat minimnya finansial dan tenaga ahli, untuk itu pihaknya akan membuat surat kepada LKPP dan Barjas untuk dapat bekerja lebih baik dan teliti jangan ketika tender pokja memanggil tim ahli namun pada ahirnya mereka hanya orang bayaran saja.

“Buktinya seperti membangun Gapura Pantai Sedari aja mangkrak,” ungkapnya.

Dikatakan untuk pelaksanaan lelang proyek 2020 pihaknya mengaku akan memantau secara rinci agar seluruh kegiatan lelang proyek sesuai dengan kapasitasnya dan tidak ada istilah proyek mangkrak atau terbengkalai akibat kurang modal atau minim tenaga ahli,” jelas Imron.

Ade Sutarjah selaku pelaksana teknis lapangan pembangunan proyek Gapura Pantai Sedari melalui telrpon selulernya kepada dejurnal.com Rabu siang (12/2/2020) mengakui bahwa CV Herlin Jaya tidak mempunyai ahli di bidang pembangunan Gapura namun pihaknya berusaha untuk menyelesaikan pekerjaan.

“Saya yang kerja di lapangan membangun gapura Pantai Sedari memang kita ga punya ahli pak tapi tetap kita selesaikan saat ini hanya tinggal membuat lukisan gambar aja di dinding gapura mudah mudahan bisa selesai dalam waktu dekat,” Kata Ade.***Rif