Budi Cilok Semarakan Acara SBCK Djalan Bersih Sukabumi

Dejurnal.com, Kab. Sukabumi – Launching program Sehari Bersama Coklat Kita (SBCK) Djalan Bersih digelar di Desa Loji Kecamatan Simpenan bersama Budi Cilok sebagai duta Djalan Bersih, Rabu (12/2/2020).

Ditemui di lokasi kegiatan SBCK Djalan Bersih, Budi Cilok mengatakan bahwa dirinya sebagai duta Djalan Bersih program Coklat Kita sudah hampir bulan lamanya.

“Senang juga menjadi duta Djalan Kita, banyak hal yang saya ketahui tentang lingkungan khususnya mengenai persampahan,” ujarnya kepada dejurnal.com.

Budi Cilok mengaku sudah bertemu dengan ratusan Karang Taruna di 18 Kabupaten di Provinsi Jawa Barat serta sharing tentang lingkungan terutama masalah sampah.

“Saat ini sebagai ambassador SBCK Djalan Bersih, saya bisa sharing dengan Karang Taruna se Jawa Barat untuk mencari solusi bagaimana masyarakat bisa membuang sampah dengan mudah namun tidak sembarangan,” ujar musisi yang suaranya mirip Iwan Fals.

Menurut Budi Cilok bahwa kegiatan kebersihan yang dilakukan Coklat Kita, salah satu tanggung jawab PT Djarum Coklat atas sampah sampah yang diproduksinya.

“Tapi karena di lingkungan bukan hanya sampah bungkus Djarum Coklat, tapi produk-produk yang dari plastik harus menjadi tanggung jawab kita semua,” imbuhnya.

Agendanya, Budi Cilok selain berdialog dengan pemuda dan karang taruna terkait lingkungan dan persampahan juga ikut menyemarakan acara dengan suara “Iwan Falsnya”.

Sementara itu, menurut Koordinator Tim Promosi Coklat Kita, Moses yang ditemui dejurnal.com di lokasi, program SBCK mengusung isu lingkungan ini sesuai dengan tema Coklat Kita sebagai Anugerah Alam Indonesia.

“Negeri kita sangat kaya dengan kekayaan alam dan potensi pariwisata yang sangat luar biasa,” ujarnya, Rabu (12/2/2020).

Oleh karena itu, lanjut ia, sebagai produk yang lahir sebagai Anugerah Alam Indonesia, Coklat Kita mendukung terhadap kampung yang konsen terhadap kepedulian lingkungan.

“Jadi adanya program gelar acara seperti ini karena memang ada komunitas warga yang memiliki visi yang sama dengan Coklat Kita dalam memelihara lingkungan,” ujarnya.

Moses juga menuturkan, gelar acara SBCK di Dusun Sawahgarung adalah kali kedua setelah sebelumnya dilaksanakan di Dusun Nyalindung.

“Kami bisa menggelar acara seperti untuk mendukung segala kegiatan yang mengedepankan lingkungan dan duta Djalan Bersih Budi Coklat berdiskusi dengan semua elemen masyarakat untuk sama-sama peduli dan menjaga lingkungan sebagai Anugerah Alam Indonesia,” pungkasnya.***Aldy/Endri